Penulis: Adham Ibnu Rusdi | Editor: Hadid

JTV – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi Penyiaran Islam menyelenggarakan acara tahunan Communication Festival (Comfest) dengan mengusung tema “Brilliant Ideas For The Great Media” diselenggarakan pada 30 September – 8 Oktober 2021. Acara ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat khususnya mahasiswa akan pentingnya memanfaatkan media yang ada saat ini, dengan bijak dan bertanggung jawab atas konten yang dibuat. Serta mengajak seluruh mahasiswa dan masyarakat untuk mengetahui dan peduli terhadap perkembangan dunia penyiaran saat ini.

Dimulai dengan kegiatan Webinar pada Kamis (30/9/2021) dengan tema “Optimasi Media Ditengah Pandemi Bagi Generasi Muda”. Webinar tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Arief Subhan. Webinar di adakan secara daring dan luring di Auditorium Harun Nasutin UIN Jakarta, serta dihadiri  narasumber Dimas Aditya Nugraha Audio Visual and Sosial CoordinatorYuliandre Darwis Central KPI CommisionerAnita Prasojo Vice President Marketing Pubic Relation of Trans7, dan Eno Bening Influencer sekaligus Youtuber.

Pembicara pertama oleh Dimas Aditya Nugraha, ia mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa Indonesia masih kekurangan tenaga ahli diberbagai bidang. Dimas juga mengingatkan mahasiswa untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Selanjutnya, Yuliandre Darwis menyampaikan dan mengingatkan pada mahasiswa jika televisi maupun radio sudah ada regulasi serta lembaga yang mengawasinya. Namun di lain sisi, media sosial belum sepenuhnya tercover oleh regulasi serta lembaga-lembaga pengawasan.

Kemudian, Anita Prasojo juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus cerdas bermedia sosial. Serta mengajak dan mengingatkan dalam menggunakan sosial media jangan hanya konsumtif menikmati konten orang lain tapi mulailah utnuk memberikan kontribusi dengan menjadi content creator.

Diakhiri oleh Eno Bening,  ia menyampaikan bagaimana cara pandang baru mengenai sosial media. Diharapkan mahasiswa bisa selangkah lebih maju dalam memanfaatkan sosial media. Eno menegaskan sosial media sekarang ini bukan lagi hanya sekedar pertukaran informasi namun disana ada peluang untuk kita bisa produktif bahkan bisa menjadi sumber penghasilan.

Webinar ini berlangsung interaktif, dan dikuti oleh lebih dari 300 peserta. Webinar ini merupakan pembuka dari beberapa kegiatan Comfest 2021. Pasalnya acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan perlombaan seperti, futsal, mobile legend, pro evolution soccer,  lomba news anchor, video creative, photpgraphy, serta diakhiri dengan closing ceremony.

 

Previous articleTalkshow Nasional Pekan Literasi KPI UIN Jakarta
Next articleNgobrol Inspiratif “How to Be Inspiring Content Creator”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here