Sumber : Youtube Sekretariat Presiden

Penulis : Farhan Fadila

JTV – Sehubungan dengan kasus Covid-19 yang semakin mereda dan semakin banyak juga masyarakat indonesia yang telah melaksanakan vaksinasi, Presiden Joko Widodo melalui pidato singkatnya di sosial media resmi presiden pada 17 Mei 2022, mengizinkan dan memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker ketika berada di luar ruangan yang tidak padat orang. Namun pada saat di dalam ruangan dan juga untuk kelompok rentan, jokowi mengimbau agar masker tetap dipakai. Kebijakan tersebut berlaku mulai 18 Mei 2022 dan dengan mempertimbangkan kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia yang terkendali..

 

“Pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” Jelas Jokowi (17/5/2022).

“Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid saya tetap menyarankan untuk mengenakan masker saat beraktivitas,” sambung Jokowi.

 

Meski aturan penggunaan masker telah dilonggarkan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan bahwa wabah virus ini belum juga berakhir. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengingatakan masyarakat untuk terus melanjutkan upaya pencegahan seperti melakukan vaksinasi.

 

“Faktanya, walaupun pemerintah telah banyak kembali mengizinkan peningkatan aktivitas masyarakat, kita harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup bersih dan sehat lainnya seperti protokol kesehatan” tutur Wiku dalam keterangan resminya, Selasa (17/5/2022).

 

Setelah dua tahun lamanya masyarakat indonesia terbiasa menggunakan masker kemanapun mereka pergi, tampaknya kebiasaan tersebut sudah melekat dan masyarakat indonesia sudah merasa nyaman menggunakan masker karena satu dan lain hal. Seperti yang di katakan oleh akun instagram @ana.maulinasari dalam unggahan instagram jokowi “Alhamdulilah terimakasih pak, tapi sepertinya saya akan tetap memakai masker untuk menutupi keburikan, hehe”, dan akun @galich_28 juga memberikan tanggapannya dengan menuliskan “Udah nyaman pakek masker pak. Ketampanan meningkat 20% pas pakek masker”.

 

Apapun keputusan yang diambil pemerintah yang sudah dilakukan pertimbangan secara saintis, semoga membuat kita tetap terhindar dari berbagai penyakit dan virus, dan semoga Covid-19 di indonesia ini semakin hari semakin mereda sehingga kita dapat melaksanakan aktivitas normal seperti sedia kala.

Previous articlePebulutangkis Indonesia, Bilqis Prasista berhasil tumbangkan unggulan satu tunggal putri dunia, Akane Yamaguchi di perhelatan Piala Uber Cup 2022
Next articleWebinar Kejar Mimpi Tangerang Selatan | “Start-up Trend in the Era Of Industrialization for Gen Z”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here