Penulis: Katya Najwa Nuffus Riad | Editor: Adham Ibnu Rusdi

JTV – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakankegiatan Pekan Literasi (PELITA) pada tanggal 8-12 September 2021. Pada tanggal 8 Sepember 2021 kemarin,Pelita melaksanakanpembukaan di Kampung Binaan Cercondeso Social Trust Fund yang bertempat di daerah Cidokom, Bogor.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Bersama Literasi, Membangun Generasi”. Pembukaaan berlangsung Offline dan Onlineyang dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta. Terdiri dari seluruh panitia Pelita, anak-anak di kampung binaan, ketua program studi KPI, dan penanggung jawab Cercondeso sendiri yaitu KakFeby. Penanggung Jawab Acara Elsa Usmiatimenginginkan calon-calon generasi masa depan dapat meningkatkan Literasi.

Kampung Binaan tahun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dibangunnya Pojok Literasi. Pojok Literasi merupakan tempat kosong yang dimanfaatkan untuk taman baca bagi anak-anak di kampong binaan. “Pojok Literasi sendiri dinamakan karena terdapat ruang pojok di Cercondeso yang kosong sehingga kita manfaatkan sebagai taman baca”, kata Elsa Usmiati.

Pojok literasi tidak hanya diisi dengan buku-buku, namun pelita membuat konsep yang semenarik mungkin dimana anak-anak kampung binaan lebih tertarik akan literasi dan menanamkan minat baca tulis sejak usia dini.

Selain itu, Ketua Panitia Pekan Literasi 2021, Juva Salma berharap literasi pada anak-anak terutama di kampung binaan dapat meningkat, dan selalu meganggap bahwa membaca buku adalah sesuatu yang sangat penting.

“Allhamdulilah anak-anak yang berada di kampung binaan sangat memberikan kesan yang baik dan target utama pembuatan pojok literasi tentunya memberikan motivasi akan pentingnya bacaan yang sudah mulai di pahami oleh adik-adik di kampung binaan tersebut”, ucapnya. 

Previous articleHarumkan Nama Kampus, 2 Mahasiswi Prodi KPI UIN Jakarta Raih Prestasi Dalam Pemilihan Putri Hijab Banten
Next articleRencana Perkuliahan Model Luring UIN Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here