JTV – Minggu 2 Mei 2021, LSM Kalpataru.co menggelar diskusi publik secara virtual. LSM Kalpataru.Co adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang literasi, dengan fokus kajian politik, sosial, lingkungan hidup dan HAM.

Diskusi publik hari buruh secara virtual ini mengangkat  tema Antara Rafleksi Perjuangan Buruh dan Eksploitasi Oligarki?. Dengan pemateri Melqy Marhaen (Binanalar), Rudi HB. Daman (Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI)), Arie Rompas (Greenpeace), dan Viky Artiando Putra (WALHI Yogyakarta).

Hari buruh Internasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Mei ini, kerap dan masih saja menyimpan polemik didalamnya. Peringatan tahunan hari buruh selalu menjadi momentum bagi para buruh untuk mengungkapkan harapan dan aspirasi mereka. Di Indonesia sendiri, keberadaan mereka masih dipandang sebelah mata. Padahal mereka adalah mesin utama dari roda perekonomian Indonesia.

Bukan hanya sekedar narasi dan sebuah perayaan saja, peringatan ini sekaligus menjadi momentum bagi para buruh untuk menuntut kesejahteraan para pekerja. Buruh akan kuat dan berdaya jika bersatu melawan eksploitasi Oligarki yang ada dan dapat merugikan mereka.

“Hari buruh bukan hanya miliknya buruh, itu milik rakyat. Bukan hanya sekedar perayaan, membuat narasi-narasi yang memang buruh hanya sekedar memperingati atau perayaan saja. Kejahatan kapitalisme bukan hanya dirasakan oleh kaum buruh, kita harus menghancurkan sistem itu dengan cara bersatu. Kalo ada persatuan yang kuat dari rakyat, mereka gak bisa apa-apa saya kira Ujar Rudi Ketua Umum GSBI.

Dengan diadakannya diskusi publik secara virtual ini, diharapkan masyarakat dapat sadar bahwasannya peringatan hari buruh ini bukan hanya sekedar peringatan saja. Terbukanya wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kesejahteraan pekerja dan jadi lebih memperhatikan hak-hak para pekerja.

“Momen hari buruh Ini seharusnya bisa menjadi alarm untuk mengaktifkan jiwa semangat berjuang  yang bukan semata-mata hanya milik buruh tapi menjadi milik seluruh masyarakat Indonesia. Kita sebagai mahasiswa hari ini sudah seharusnya peduli dan ikut serta dalam memperjuangkan hak kita yang semakin hari semakin dieksploitasi oleh kepentingan para oligarki. Kedepannya Saya berharap LSM Kalpataru ini bisa menjadi fasilitatornya” Ujar Farid Founder LSM Kalpataru. Co.

Besar harapannya, kesejahteraan tersebut dapat menyeluruh dirasakan oleh para pekerja atau buruh, sehingga dapat tercapainya cita-cita bangsa yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Semoga dimomen hari buruh ini ini kita bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dan bisa mewujudkan masyarakat adil dan makmur dan tentunya pasti kita mengharap ridho Allah SWT” Pungkas Farid.

 

Oleh: Hadid Aulia

Previous articleTalkshow dan Bedah Buku: Maha Bias Netizen
Next articleSeminar Berbasis Online Sastra di Ruang Digital: Positif Atau Negatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here