(Sumber foto: https://images.app.goo.gl/X4hMEgyp1oPmpETt8)

Penulis: Fitriyani STAI Al-Hikmah Jakarta Selatan || Editor: Hadid

Sebelum kita membahas cara mengatasi rasa cemas, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu kecemasan?

Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan tentang gangguan psikologis. Kecemasan memiliki karakteristik berupa rasa takut pada diri seseorang, keprihatinan terhadap masa depan yang belum tentu terjadi, kekhawatiran yang berkepanjangan, serta rasa gugup terhadap apa yang sedang terjadi.  Rasa cemas disebut gangguan psikologis ketika rasa cemas dapat menghalangi seseorang untuk menjalani kegiatan produktifnya yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pandemi masih menghantui banyak orang, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga yang paling tua pasti mengalami rasa cemas pada dirinya. Cemas untuk keluar rumah, dan pada akhirnya menghambat untuk menjalankan pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.


Gejala-Gejala Kecemasan

Dikutip dari docdoc, kecemasan sendiri merupakan respon normal dalam menghadapi situasi sulit. Bahkan, rasa cemas dapat membantu, jika situasi yang membutuhkan respon “lawan atau lari”. Respon “lawan atau lari” adalah suatu respon yang diatur oleh hormon adrenalin yang akan menentukan apakah kita harus “lawan” atau “lari” dalam situasi-situasi genting. Namun, jika respon ini dikatakan berlebihan dan berkepanjangan atau menjadi terlampaui paranoid terhadap masalah kecil, kita kemungkinan mengalami gangguan kecemasan. Tanda-tanda gangguan kecemasan diantaranya:

1. Jantung berdebar-debar tanpa alasan jelas

2. Perasaan mudah marah, tersinggung, sedih, atau khawatir

3. Tangan dan kaki berkeringat dingin

4. Rasa kesemutan di tangan atau kaki

5. Tidak dapat fokus dan tenang

6. Otot-otot menegang

7. Pusing dan mual 

8. Susah tidur

9. Mulut kering

10. Ketakutan dan panik


Penyebab Kecemasan

Penyebab dari kecemasan saat ini belum dapat diketahui pastinya. Namun, rasa cemas dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Seperti halnya gangguan mental yang dialami, rasa cemas yang disebabkan oleh gagalnya saraf-saraf otak untuk mengontrol emosi dan juga rasa takut. Contohnya Stress yang dapat mengubah alur terjadinya komunikasi, hal ini dapat terjadi dari struktur otak tertentu.

Adapun faktor yang terjadi dalam lingkungan seperti trauma masa kecil, contohnya kehilangan orang tua, kekerasan rumah tangga, atau masalah besar dalam kehidupan (perceraian, dan juga krisis finansial) semua itu dapat memicu kecemasan.


Cara Mengobati Rasa Cemas

1. Atur Pernapasan

Pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan mengambil napas Panjang lalu menghembuskannya. Cara sederhana ini dapat membantu tubuh kita mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang kita rasakan dapat berkurang dan menjadi lebih tenang.

2. Berpikir Positif

Salah satu hal yang dapat membuat rasa cemas adalah pikiran negatif tentang sesuatu yang akan terjadi. Seringkali, kita membayangkan skenario terburuk dari sebuah masalah, padahal belum tentu hal tersebut benar adanya, dan belum dikerjakan. Oleh karena itu cobalah untuk berfikir secara tenang dan positif.

3. Berolahraga

Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan suasana hati, sehingga cara ini diyakini mampu mengurangi rasa cemas. Karenanya, olahraga bisa menurunkan stres. Selain itu, aktivitas fisik ini juga dapat membantu melepaskan hormone endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang pada diri.

 

4. Berbagi Cerita dengan Orang Lain

Pada saat cemas melanda, banyak orang yang cenderung menjauh diri dari orang lain. Terkadang, kita akan merasa bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat menolong dari masalah yang sedang kita dihadapi. Padahal, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba mengungkapkan apa yang sedang kita rasakan pada orang yang dapat kita percayai. Cari seorang yang dipercaya, kemudian ceritakan apa yang kita rasakan. Harapannya, setelah diceritakan, pikiran dan hati terasa tenang, dan kita juga mendapatkan solusi dari pembicaraan tersebut.

5. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Selain dapat mengurangi rasa sedih dan juga rasa cemas, melakukan hobi atau aktivitas yang kita sukai dan menyeangkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Cara ini bisa membantu tubuh kita melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami. Kita bisa melakukan hobi ataupun melakukan hal-hal sederhana yang bisa membuat diri senang, seperti menonton film, bernyanyi, jalan-jalan, membaca buku, ataupun  bercerita dengan orang-orang terdekat kita.

 

Previous articleSaung Art Gallery Tawarkan Media Edukasi Kepada Anak Lewat Celengan Lukis Karakter
Next articleDampak Buruk Body Shaming untuk Kesehatan Mental

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here